Home » » Cara Budidaya Durian Montong yang Benar

Cara Budidaya Durian Montong yang Benar

Pada Kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi bagi sobat semuanya mengenai Budidaya Durian Montong. Perhatikan informasi yang kami sampaikan dibawah ini sebagai pengetahuan anda semua dalam berbudidaya. Semoga dapat bermanfaat dan sebagai motivasi untuk anda dalam berusaha.


Budidaya Durian Montong - Tentu kita sudah akrab dengan buah durian. buah yang memiliki rasa manis dan unik ini cocok dimakan langsung maupun dolah sebagai makanan maupun minuman. dengan daging buah yang tebal dan manis, barang tentu siapa yang tidak tergiur untuk memakannya. Akan tetapi, bagi yang memiliki tekanan darah tinggi tidak boleh terlalu banyak makan buah yang satu ini.  Permintaan dan Harga Durian Montong selalu tinggi sehingga memberikan keuntungan yang menggiurkan bagi siapa saja yang membudidayakan. berikut ini tips cara berbudidaya durian montong. 

Cara Budidaya Durian Montong yang Benar


BUDIDAYA DURIAN MONTONG

 Syarat Tumbuh

Tanaman durian dapat tumbuh di dataran rendah atau tinggi, Tanaman durian tumbuh optimal pada ketinggian 50-600M diatas permukaan air laut. Tanaman ini menyukai daerah yang beriklim basah atau tempat-tempat yang banyak turun hujan. Jenis tanah yang baik untuk pertumbuhannya yaitu tanah yang lembap, subur, gembur, tak bercadas, dan kedalaman air tanahnya tidak lebih dari 1 m dan PH tanah 6-7.

Penyiapan Lahan Pertanaman

Lahan dibersihkan dari sisa-sisa tumbuhan dan gulma dengan cara mekanis atau kimiawai, tebang juga tanaman keras yang mengganggu masuknya sinar matahari. Pembukaan lahan sebaiknya dilakukan pada musim kemarau, sehingga pada awal musim hujan sudah bisa dilakukan penanaman.
Di lahan seluas satu hektare (ha), para petani bisa menanam hingga 190 pohon. Setelah mencapai umur 3-4 th, durian ini bisa mulai dipanen. Satu pohon bisa menghasilkan 100 kilogram (kg) buah, dengan berat rata-rata satu buahnya mencapai 3-5 kg. Harga Buah Durian Montong di Pasaran bisa mencapai 25.000-30.000 per/kg.

 Lubang Tanam

Buat lubang berbentuk bujur sangkar ukuran 50 atau 100cm. Tanah galian di campur dengan pupuk kandang matang 20kg kemudian tanah masukan kembali. Biarkan selama 1 minggu sebelum bibit di tanam tujuanya untuk menggemburkan tanah sehingga pengakaranya lebih bagus dan kuat.

Jarak Tanam

Jarak tanam 7 x 7 Meter atau 10 x 10 Meter. 


Cara Budidaya Durian Montong yang Benar

Penanaman

Penanaman ideal adalah pada awal musim hujan. Gali lubang sesuai dengan ukuran polibeg. lepas polibeg menggunakan cutter atau silet usahakan tanah yang di polibeg jangan sampai lepas. Masukan bibit kurang lebih sedalam 20 cm, lalu timbun dengan tanah setinggi leher akar kemudian Siram air secukupnya. Tujuan dari cara tanam yang di tinggikan ini adalah supaya tumbuh akar di atas permukaan tanah. sehingga pohon dan perantinganya akan lebih bagus.

Pemeliharaan

Biaya perawatan/ Pemeliharaan  kebun durian ini berkisar Rp 200.000 hingga Rp 300.000 setiap pohon per tahun.

1. Pengairan

Pengairan dilakukan sejak awal pertumbuhan sampai tanam berproduksi. Pada waktu berbunga, penyiraman   dikurangi  dan penyiraman paling baik pada pagi hari.

2. Pemangkasan

Pemangkasan dilakukan terhadap tunas-tunas air, cabang atau rantingnya yang sudah mati dan terserang hama   penyakit, serta ranting-ranting yang tidak terkena sinar matahari. Pemangkasan juga bertujuan untuk membentuk tanaman mencapai ketinggian tertentu 4-5 m pucuk tanaman dipangkas.

3. Pemupukan

Pemupukan dilakukan dengan menggunakan pupuk organik. Dosis dan jenis pupuk tergantung pada jenis dan kesuburan tanah atau sesuai rekomendasi setempat pemupukan sejak awal pertumbuhan sampai tahun ke  3 dengan pupuk NPK yang kadar N tinggi.  pemupukan pupuk kandang dilakukan sekali atau dua kali dalam setahun pada akhir musim hujan atau awal musim kemarau. Sedangkan pupuk makro sesuai dengan umur tanaman. Caranya dengan menaburkan memutar sesuai dengan lebar pendeknya tajuk tanaman. Dosis pupuk kandang yang dianjurkan tergantung umur tanaman, misalnya 50 kg / pohon ( umur 1 tahun ), 70 kg / pohon ( umur 2 tahun ), setiap tahun dosis di tingkatkan hingga mencapai 300 kg / pohon pada umur 10 tahun. Sedangkan pupuk anorganik dianjurkan menggunakan NPK.

 4. Merangsang Pertumbuhan Bunga

Pertumbuhan bunga pada tanaman durian dapat dirangsang selain dengan penggunaan pupuk NPK, juga dapat dilakukan dengan memberikan hormon tertentu seperti yang dilakukan di Malaysia dan Thailand. Zat yang bisa di berikan antara lain adalah : Paclobutrasol, zat ini sebenarnya menghambat pertumbuhan daun dan merangsang pertumbuhan bunga. Karena itu bila di berikan secara tepat juga bisa meningkatkan produksi durian.

Pengendalian Hama Penyakit

a. Penggerek Batang

Kerusakan : menyerang dengan cara membuat lubang pada batang, dahan, atau ranting tanaman durian. Serangannya di tandai dengan kotoran dan cairan berwarna merah dari bekas kayu yang di makan oleh penggerek tersebut, akibatnya tanaman menjadi layu, daun - daun menjadi kering dan rontok akhirnya tanaman bisa mengalami kematian.
Pengendalian :
a. Menjaga sanitasi kebun
b. Menutup bekal lubang penggerek dengan kapas yang sudah di beri insektisida sismetik.
c. Memotong dan memusnahkan bagian tanaman yang terserang.
d. Meninjeksi tanaman dengan insektisida sismetik melalui akar atau dahan.

2. Penggerak Buah ( Tirathaba ruptilinea, hypoperigea leprosticta, dan Dacus dorsalis )

Kerusakannya  menyebabkan buah menjadi busuk dan kerulat dan akhirnya rontok, buah yang terserang umumnya tidak bisa di makan. Tirathaba ruptilineaemerusak dengan melubangi kulit durian sampai daging dan bijinya. Hypoperigea Leprosticta melubangi buah durian untuk mencari makan sehingga buah busuk dan rontok, dan Dacus dorsalis menyerang buah durian dengan cara menyuntikan telurnya ke dalam kulit buah sehingga menyebabkan kebusukan dan kerontokan.
Pengendaliannya :
a. Menyemprotkan Insektisida sisitemik sejak buah berumur satu minggu dengan dosis dan interval sesuai petunjuk di    kemasan.
b. Menggunakan perangkap yang berbahan aktif methyl eugenol seperti M  antraktan.

Cara Budidaya Durian Montong yang Benar
Cara Budidaya Durian Montong yang Benar

Panen

a. Waktu panen

Waktu panen berbeda tergantung jenis varietas.jenis monthong sekitar 125 - 135 hari setelah mekar. Buah durian mengalami tingkat kematangan sempurna setelah empat bulan setelah mekar. Waktu petik berdasar tanda - tanda fisik, missal ujung dari coklat tua, garis - garis di antara duri lebih jelas, tangkai buah lunak dan mudah dibengkokan, ruas-ruas tangkai buah membesar, baunya harum, terdengar bunyi kasar dan bergema jika buah dipukul.

b. Cara panen

Cara penen dengan memetik atau memotong buah dipohon dengan pisau atau galah berpisau. Bagian yang dipotong adalah tangkai buah dekat pangkal batang dan usahakan buah durian tidak sampai terjatuh karena mengurangi kualitas buah.

jangan lupa untuk membaca juga Cara Budidaya Tanaman Kina yang benar dan Cara Budidaya Tanaman Lada Hitam sebagai tambahan info dan pengetahuan bagi anda semuanya dalam berbudidaya, semoga dapat membantu sobat semua, salam sukses dari kami untuk anda semuanya.

21 komentar:

  1. dengan minimal deposit 10.000 segera dicoba keberuntungannya bersama kami
    dan menangkan uang hingga jutaan rupiah bersama dewapk**
    dengan pin bb D87604A1 ditunggu ya ^^

    BalasHapus
  2. ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat ayo gabung di fanspoker
    ditunggu apa lagi mari segera bergabung dengan kami ya ^^

    BalasHapus
  3. AJOQQ menyediakan permainan poker,domino, bandarq, bandarpoker, aduq, sakong dan capsa :)
    ayo segera bergabung bersama kami dan menangkan uang setiap harinya :)
    AJOQQ juga menyediakan bonus rollingan sebanyak 0.3% dan bonus referal sebanyak 20% :)

    BalasHapus
  4. Assalamualaikum Warohmatullohi wabarakatuh

    🌷 *APA ITU JONGGOL VILLAGE?* 🌷

    Projek *Jonggol Village* adalah salah satu karya dari *PT.Bukit Jonggol Hijau* yang konsen dalam pengelolaan Aset agar bisa mendatangkan Pasive Income bagi para Investor yang memiliki Kavling di *Jonggol Village-Agrowisata dan Resort.*


    *Ingat..! Lokasi terdekat dari Jakarta* dibanding Projek lain yang serupaπŸ›£


    *Apa yang dijual di Jonggol Village?*

    Yang dijual di Jonggol Village-Agrowisata dan Resort adalah *Kavling Seluas 500m2 dan 250m2.* πŸ‘πŸ»πŸ‘πŸ»

    Gak cuma dapat kavling aja loh, ada juga Bonus nya..πŸ‘πŸ‘


    *Apa Bonus nya yaa?*

    Bonusnya luarbiasa banget... woow...😱

    🌴 *40 Pohon Pisang Ambon Super*

    🌳 *4 Pohon Durian Montong*

    Yang nantinya akan dikelola oleh Manajemen Jonggol Village. Yang proyeksi hasilnya mulai dari *Rp. 25 juta hingga RP.35 juta/tahun*

    Asyik banget ya......!πŸ‘

    *Apa Saja Fasilitas Wisata nya?*

    Fasilitas-fasilitas yang akan dibangun di Jonggol Village adalah:

    πŸ• *Camping Ground*

    🏹 *Area Memanah*

    🏒 *Pesantren Modern*

    πŸ•‹ *Sarana Ibadah*

    πŸ›£ *Jalan Lebar*

    πŸš™ *Area Parkir*

    πŸ‡ *Taman Buah*

    🏊🏿‍♀ *Kolam Renang*

    *❗Semua Fasilitas Gratis Bagi para Pemilik Kavling❗*


    *πŸ’°Harga Kavling nya Berapa ya?*

    Untuk Harga Promo Akhir Tahun ini Harga Promo nya adalah....

    ✅ *Luas Kavling 250 m2. Cukup Bayar Rp. 52 Juta*πŸ’š

    ✅ *Luas Kavling 500 m2. Cukup bayar Rp. 89 Juta aja*

    πŸ“’ *Promo terbatas, jangan sampai kehabisan*πŸ“’


    *Ada Gratis lain nya gak?*

    Pastinya ada...

    ✔Gratis Biaya Pajak

    ✔Gratis Biaya SHM

    ✔Gratis Biaya Pemeliharaan Kavling


    πŸ• *BELI KAVLINGNYA*

    🏑 *BANGUN VILLANYA*

    πŸ’° *NIKMATI HASILNYA*


    ✅Lokasi nya dimana ya?

    Lokasi nya di Ds.Sukajaya kec.Jonggol.

    Persis samping jalan Raya Jonggol-sukamakmur-Puncak dua-cipanas.

    Strategis banget kan?


    *Segera Pesan*

    WA :

    Nama :

    Hari / Tgl Survey Lokasi :


    *"Kepercayaan Anda adalah Amanah Bagi Kami"*



    Gufron

    Wa 089644798497

    Waalaiikumsalam warahmatullahi Wabarakatuh


    http://telegra.ph/Investasi-Kavling-Jonggol-Village-10-13

    BalasHapus
  5. Main b0l4 dari F*a*n*s*B*E*T*T*I*N*G yuk (5ee80afe)
    Ada juga pilihan game lainnya :D

    BalasHapus
  6. ayo dicoba keberuntungannya bersama dengan kami di fanspoker^^com
    dapatkan juga bonus rollingan dan refferalnya

    BalasHapus
  7. DEWAPK^^ agen judi terpercaya, ayo segera bergabungan dengan kami
    dicoba keberuntungan kalian bersama kami dengan memenangkan uang jutaan rupiah
    ditunggu apa lagi segera buka link kami ya :) :) :* :*

    www.dewapk.com

    BalasHapus
  8. ayo bergabung diajoqq , silakan coba keberuntungan anda disini dan menangkan ratusan juta rupiah,hadiah menantikan
    anda silakan bergabung invite pin bb#58cd292c

    BalasHapus
  9. ingin wujudkan impian anda , raih kesempatan dan menangkan ratusan juta rupiah hanya di ionqq,silakan invite
    pin bb#58ab14

    BalasHapus

  10. ayo segera bergabung dengan kami hanya dengan minimal deposit 20.000
    dapatkan bonus rollingan dana refferal ditunggu apa lagi
    segera bergabung dengan kami di i*o*n*n*q*q

    BalasHapus
  11. mari bergabung dengan kami di ionqq^^com

    BalasHapus

  12. ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat
    di f@ns*p0ker || add pin black.berry 55F97BD0

    BalasHapus
  13. AJO_QQ poker
    kami dari agen poker terpercaya dan terbaik di tahun ini
    Deposit dan Withdraw hanya 15.000 anda sudah dapat bermain
    di sini kami menyediakan 7 permainan dalam 1 aplikasi
    - play aduQ
    - bandar poker
    - play bandarQ
    - capsa sunsun
    - play domino
    - play poker
    - sakong
    di sini tempat nya Player Vs Player ( 100% No Robot) Anda Menang berapapun Kami
    Bayar tanpa Maksimal Withdraw dan Tidak ada batas maksimal
    withdraw dalam 1 hari.Bisa bermain di Android dan IOS,Sistem pembagian Kartu
    menggunakan teknologi yang mutakhir dengan sistem Random
    Permanent (acak) | pin bb : 58cd292c "

    BalasHapus
  14. mari segera bergabung dengan kami.....
    di ajoqq^^com...
    segera di add black.berry pin 58CD292C.
    WwW-AJoQQ club-c0m | bonus rollingan 0,3% | bonus referral 20% | minimal deposit 15000

    BalasHapus
  15. AYO Bergabung Bersama AJOQQ | Menawarkan Berbagai Jenis Permainan Menarik.
    1 ID untuk 8 Permainan Poker, Domino, Capsa Susun, BandarQ, AduQ, Bandar Poker, Sakong, Bandar66 ( NEW GAME!! )
    Dapatkan Berbagai Bonus Menarik..!!
    - Bonus Cashback 0.3%. Dibagikan Setiap hari SENIN
    - Bonus referral 20% SELAMANYA
    - Minimal Deposit dan Withdraw hanya 15 rb Proses Aman & cepat
    - 100% murni Player vs Player ( NO ROBOT )
    Pin BB: 58cd292c
    website : www.ajoqq.org

    BalasHapus
  16. ajoqq^^com
    mau dapat penghasil4n dengan cara lebih mudah....
    mari segera bergabung dengan kami.....
    di ajoqq^^com...
    segera di add black.berry pin 58CD292C.

    BalasHapus
  17. bosan tidak ada yang mau di kerjakan, mau di rumah saja suntuk,
    mau keluar tidak tahu mesti kemana, dari pada bingung
    mari bergabung dengan kami di ionqq^^com, permainan yang menarik dan menguras emosi
    ayo ditunggu apa lagi.. segera bergabung ya dengan kami...

    BalasHapus
  18. Join bersama kami di EDENPOKER.BIZ
    lagi ada Bonus NEW MEMBER yang sangat menarik nich!!! ^~^
    Dengan minimal Depo Rp.15.000.- akan mendapatkan Bonus sebesar Rp.10.000.- PLUS NEXT DEPOSIT 5%
    Dan akan mendapat bonus menarik lainnya lagi
    seperti
    -Bonus Rollingan sebesar 0.3%
    Dengan minimal TO 1.000.000.-
    -Bonus Refferal untuk Player kami yang mengajak Teman-Temannya bermain sebanyak mungkin....sebesar 10%.

    Contak Person :
    Pin BB :d8a0a791
    live chat : edenpoker,com ( ganti koma dengan titik)

    Terima Kasih sudah mengunjung edenpoker Bossku !!!!!
    Salam Hokiiii

    BalasHapus
  19. HANYA DI KENARI POKER BANYAK BONUSNYA BOSSKU
    Bonus New Member Bervariasi
    Bonus next deposit 5%
    Bonus rilingan 0,5%
    dan masik banyak yang lainnya bossku
    Penasaran!!! coba aja dulu.. biar gk penasaran.

    BalasHapus
  20. VAZBET - Tembak Ikan Online

    *Bonus Member Baru 25%
    *Bonus Next Deposit 5%
    *Bonus Cashback 10%
    *Bonus Referral 2%

    Ayo Daftar ! Dapatkan Bonus Menarik Lainnya ~
    WEB >>> WWW,VAZBET,IN/TEMBAK-IKAN-ONLINE
    WEB >>> WWW,VAZBETGAME,COM
    WA >>> +855 878 795 20

    BalasHapus
  21. Raih Kemenangan Besar Anda Disitus MARIO QQ, Hanya Dengan Modal Rp.10.000 Anda Bisa Menangkan Jackpot Jutaan Rupiah Setiap Harinya !!!

    ✅ BONUS TURN OVER 0.3%
    ✅ BONUS REFFERAL 15%
    ✅ WIN RATE GAME 96,9%
    ✅ 100% PLAYER Vs PLAYER ( NO ROBOT & ADMIN )
    ✅ Minimal Deposit Bank : Rp.10.000 (BCA MANDIRI BNI BRI DANAMON)
    ✅ Minimal Deposit Pulsa : Rp.10.000
    ✅ Support E-Cash : GOPAY , DANA , OVO , LINK

    Berapapun Kemenangan Bosku Pasti Akan Kami Bayar dan Kita Proses Dengan Cepat !!!
    Hanya Disitus MARIO QQ Yang Memberikan JACKPOT dan BONUS TURN OVER Yang FANTASTIS Loh !!! Ayo Tunggu Apalagi Buruan Daftarkan dan Mainkan
    Langsung Disitus Resmi MARIO QQ Dibawah Ini melalui :
    WHATSAPP +62 821-4331-1663

    Link Alternatif :
    - www.qmario. org
    - www.qmario. xyz

    BalasHapus