Home » , » Cara Ternak Marmut Dengan Mudah

Cara Ternak Marmut Dengan Mudah

Ternak Marmut Dengan Mudah - Pada Kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi bagi sobat semuanya mengenai Cara Ternak Marmut Dengan Mudah. Perhatikan informasi yang kami sampaikan dibawah ini sebagai pengetahuan anda semua dalam berbudidaya. Semoga dapat bermanfaat dan sebagai motivasi untuk anda dalam berusaha.

Marmut mirip dengan tikus yang berukuran besar, cara ternak marmut itu sebenarnya tidak terlalu sulit, ternak marmut itu mudah sekalai hanya dengan sepasang marmut laki dan perempuan di campur jadi satu, di rawat dan dikasih makan yang teratur dan keduanya sama sama produktifa nanti akan berkembang biak sendiri dan akan menjadi banyak. dulu di rumah saya banyak sekali marmut dan kelinci. dulunya berawal dari satu ekor jantan dan dua ekor marmut betina, di biarkan saja di kandang dan rutin di kasih pakan rumput rumputan lama kelamaan akan berkembang biak sendiri. kalau marmut betina subur akan cepat sekali beranak dan anak anaknya akan cepat basar, satu ekor marmut betina biasanya bisa beranak sampai 4 ekor.

Cara Ternak Marmut Dengan Mudah

Ternak Marmut Dengan Mudah

Hal pertama yang harus anda ketahui sebelum memulai budidaya marmut adalah karakteristik hewan ini. Mengetahui karakteristik marmut akan memudahkan anda dalam proses pembudidayaannya. Marmut adalah salah satu jenis hewan pengerat. Hewan ini dapat hidup hingga berusia sepuluh tahun dengan rata-rata usia lima sampai tujuh tahun. Dalam budidaya marmut hal yang harus diperhatikan adalah kebersihan kandang, pakan, dan perawatan bulu. Hal lain yang patut diperhatikan adalah pemilihan bibit marmut yang akan dibudidayakan. Pilihlah bibit yang sehat dan terbebas dari penyakit. Hal ini dapat dilihat dari kondisi fisik seperti mata, kondisi bulu, dan ukuran tubuh. Sebagai awal, anda dapat membeli minimal sepasang bibit jantan dan tiga pasang bibit betina. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah usia bibit.

Persiapan Tempat

Tahap persiapan pada teknik beternak marmut meliputi persiapan kandang, persiapan pakan, dan persiapan perlengkapan. Kandang ideal bagi marmut haruslah berukuran besar karena hewan ini termasuk jenis hewan yang aktif bergerak. Anda harus menyediakan minimal dua jenis kandang yaitu kandang pembibitan dan kandang untuk marmut dewasa. Ukuran minum kandang adalah 0,5 x 0,5 m. jika ingin meletakkan lebih dari satu marmut dalam satu kandang, maka ukurannya harus ditambah menjadi 0,7 x 0,7 m.

Berdasarkan cara beternak marmut yang benar, anda tidak dianjurkan untuk menggunakan kandang berupa aquarium atau menggunakan container plastik. Pastikan juga kandang memiliki ventilasi yang memadai dan tidak membatasi pengelihatan serta suara. Kandang yang dianjurkan adalah kandang yang terbuat dari mesh dan lembaran coroplast. 

Selain kandang, hal lain yang perlu dipersiapkan dalam proses pemeliharaan dan budidaya marmut adalah perlengkapan. Perlengkapan paling utama adalah alas atau bedding yang diletakkan dalam kandang. Anda dapat menggunakan serutan kayu aspen sebagai bedding. Pastikan bedding diganti secara teratur untuk menghindari baud an menjaga kesehatan marmut yang dibudidayakan.

Perlengkapan lain yang dibutuhkan dalam cara budidaya marmut adalah botol air minum, tempat makanan, rak jerami, pigloo atau kotak kecil tempat berlindung, dan tempat tidur. Anda juga dapat memasukkan perlengkapan permainan ke dalam kandang seperti kincir atau roda.

Marmut dikenal sebagai hewan yang memiliki nafsu makan yang tinggi. Oleh sebab itu pemberian pakan adalah salah satu bagian penting dalam cara ternak hewan ini. Anda dapat memberikan pellet khusus marmut yang banyak tersedia di pasaran. Selain itu anda juga dapat memberikan berbagai macam sayuran seperti selada, wortel, parsley, bayam, dan tomat. Anda juga bisa memberikan asupan vitamin C sebanyak sepuluh sampai 30 mg setiap harinya.

selain itu beberapa hal yang harus diperhatikan yaitu Perawata, perawatan yang paling utama adalah perawatan bulu. hal ini dapat dilakukan dengan cara memandikan marmut secara teratur dan menggunakan shampoo dengan formula khusus. Selain memandikan, anda juga harus melakukan perawatan lain seperti memotong kuku dan menyisir bulu marmut secara berkala.

demikianlah ulasan tentang bagaimana cara berternak marmut, Kami setakan juga informasi yang lainya yaitu Cara Ternak Mentok di Halaman Rumah dan Cara Ternak Ayam Kampung di Kandang untuk sumber pengetahuan anda seuanya, terimakasih semoga dapat membantu.

8 komentar:

  1. osan tidak tahu mesti mengerjakan apa ^^
    daripada begong saja, ayo segera bergabung dengan kami di
    F*A*N*S*P*O*K*E*R cara bermainnya gampang kok hanya dengan minimal deposit 10.000
    ayo tunggu apa lagi buruan daftar di agen kami ^^

    BalasHapus
  2. F4ns Bett1ng
    B0l4, C4sin0, T4ngka$, s4bun9 4yam dll.. dp50 wd50

    BalasHapus
  3. AJOQQ menyediakan permainan poker,domino, bandarq, bandarpoker, aduq, sakong dan capsa :)
    ayo segera bergabung bersama kami dan menangkan uang setiap harinya :)
    AJOQQ juga menyediakan bonus rollingan sebanyak 0.3% dan bonus referal sebanyak 20% :)

    BalasHapus
  4. ayo bergabung diajoqq , silakan coba keberuntungan anda disini dan menangkan ratusan juta rupiah,hadiah menantikan
    anda silakan bergabung invite pin bb#58cd292c

    BalasHapus
  5. ingin wujudkan impian anda , raih kesempatan dan menangkan ratusan juta rupiah hanya di ionqq,silakan invite
    pin bb#58ab14f5

    BalasHapus

  6. ayo bergabung dengan kami di dewapk^^com dan diadd ya pin bb kami 55F97BD0

    BalasHapus
  7. AJO_QQ poker
    kami dari agen poker terpercaya dan terbaik di tahun ini
    Deposit dan Withdraw hanya 15.000 anda sudah dapat bermain
    di sini kami menyediakan 7 permainan dalam 1 aplikasi
    - play aduQ
    - bandar poker
    - play bandarQ
    - capsa sunsun
    - play domino
    - play poker
    - sakong
    di sini tempat nya Player Vs Player ( 100% No Robot) Anda Menang berapapun Kami
    Bayar tanpa Maksimal Withdraw dan Tidak ada batas maksimal
    withdraw dalam 1 hari.Bisa bermain di Android dan IOS,Sistem pembagian Kartu
    menggunakan teknologi yang mutakhir dengan sistem Random
    Permanent (acak) | pin bb : 58cd292c "

    BalasHapus

  8. I0nQQ*C0m
    agen terbesar dan terpercaya di indonesia
    segera daftar dan bergabung bersama kami.

    BalasHapus