Home » , » Cara Budidaya Jahe Merah

Cara Budidaya Jahe Merah

Cara Budidaya Jahe Merah - Informasi yang banyak sangat membantu bagi kita untuk melancarkan usaha yang sedang kita tekuni. Berikut ini kam memberikan informasi mengenai Budidaya Jahe Merah untuk anda semuanya. Dengan menyimak apa yang kami berikan semoga dapat sedikit membantu apa yang sobat sedang butuhkan. Simak baik-baik informasi di bawah ini.
Jahe merupakan salah satu jenis rempah-rempahan yang sangat banyak sekali kegunaanya untuk kesehatan tubuh kita. ada beberapa jenis jahe yang ada dan bisa untuk dikonsumsi, seperti jahe putih, jahe kecil/jahe emprit dan jahe merah. kali ini kita akan membahas tentang jahe merah yang bisa kita budidaya kan di pekarangan rumah ataupun lahan yang luas dan memang dipersiapkan untuk memulai usaha jahe merahJahe merah adalah tanaman semusim dengan tinggi sekitar 40 sampai dengan 50 cm. Perbedaan jahe merah dengan tanaman jahe biasanya adalah rasanya yang lebih pedas, rimpangnya lebih kecil dan warnanya yang kemerah-merahan berbeda dengan varietas jahe lain yang cenderung berwarna putih. Beberapa penelitian telah membuktikan jahe memiliki aktivitas antioksidan yang sangat kuat. Kandungan senyawa jahe merah yang berpengaruh dalam aktivitas antioksidan juga telah ditemukan dan beberapa di antaranya telah diidentifikasi, di antaranya adalah ditemukan bahwa jahe merah merupakan sumber utama melatonin yang mampu melindungi DNA dari kerusakan akibat radikal bebas.

Cara Budidaya Jahe Merah
Cara Budidaya Jahe Merah

Cara Budidaya Jahe Merah

Banyak sekali yang membutuhkan jahe merah untuk kesehatan tubuh kita, selain banyak yang membutuhkan juga banyak sekali perusahaan pembuat jamu yang kekurangan stok jahe merah. kita bisa memulai budidaya jahe setelah kita mempunyai bibitnya, nah untuk memperoleh bibit tersebut kita bisa mencari di pasar ataupun di tempat orang sudah mempunyai tanaman jahe ini, atau memang sudah ada yang jualan untuk bibit jahe merah ini, yang bagus untuk dijadikan bibit ini adalah jahe yang sudah berumur satu tahun. beberapa langkah yang bisa anda ikuti di bawah ini dari usahabudidaya[dot]com, yang membahas tentang cara budidaya jahe merah di bawah ini :

Menyiapkan Media Tanam Jahe Merah
Sebelum melakukan pembibitan terlebih dahulu kita siapkan media tanam. Media tanam tidak jauh berbeda dengan tanaman lainya, yaitu tanah atau sekam dan dicampur dengan pupuk kandang
Pembibitan Jahe Merah
Proses pembibitan jahe merah diawali dengan pemilihan rimpang jahe merah sebagai bibit. Sebaiknya menggunakan jahe merah yang sudah tua (kurang lebih umur 10 bulan). Selanjutnya sebelum disemai bibit harus dibebaskan dari virus penyakit dengan cara potongan bakal bibit tersebut dikemas ke dalam karung  lalu dicelupkan dalam larutan PHEFOC (Pestisida Herbisida E Fungisida O C) selama 15 menit lalu keringkan. (Larutkan 1 tutup PHEFOC ke dalam 14 liter air, tambahkan 2 sendok makan gula pasir, diamkan selama 15 menit, larutan PHEFOC telah siap untuk digunakan).
Rendam kembali dengan zat pengatur tumbuh SOT sekitar 6 jam. ( Larutkan 5 tutup SOT dengan 14 liter air, tambah 2-3 sendok makan gula pasir, diamkan terlebih dahulu selama 15 menit), larutan siap digunakan. Setelah perendaman lalu tiriskan sampe kering. Benih telah siap disemaikan.
Penanaman Bibit Jahe Merah
Dalam penanaman tidak ada cara khusus, siapkan media tanam dan polybag atau karung bekas. Setelah ditanam siram secukupnya dan jangan langsung diletakan pada ruangan terbuka. Setelah umur lebih 2 bulan bisa ditempatkan ke ruangan terbuka karena tanaman jahe merah ini akan bagus jika ditempatkan di ruangan terbuka dengan intesitas sinar matahari yang cukup tinggi.
Untuk tanaman jahe merah perawatan cukup dilakukan penyiraman setiap hari dan pemberian pupuk setiap 2 bulan sekali.  Dan setelah umur 10 bulan tanaman jahe merah ini sudah dapat dipanen.
 Demikianlah ulasan tentang budidaya jahe merah yang bisa langsung anda pratekkan di pekarangan rumah anda.jangan lupa untuk membaca juga Cara Budidaya Bawang Merah dan Budidaya Pembesaran Ternak Sapi Bali sebagai tambahan info dan pengetahuan bagi anda semuanya dalam berbudidaya, semoga dapat membantu sobat semua, salam sukses dari kami untuk anda semuanya.

9 komentar:

  1. mari buruan yang jauh merapat, yang dekat silahkan daftar,mainkan dan menangkan hadiahnya, hanya di u*p*d*a*t*e*b*e*t*t*i*n*g

    BalasHapus
  2. F4ns Bett1ng
    B0l4, C4sin0, T4ngkaS, s4bun9 4yam dll.. dp50 wd50

    BalasHapus
  3. ayo bergabung diajoqq , silakan coba keberuntungan anda disini dan menangkan ratusan juta rupiah,hadiah menantikan
    anda silakan bergabung invite pin bb#58cd292c

    BalasHapus
  4. ingin wujudkan impian anda , raih kesempatan dan menangkan ratusan juta rupiah hanya di ionqq,silakan invite
    pin bb#58ab14f5

    BalasHapus
  5. AJOQQ menyediakan permainan poker,domino, bandarq, bandarpoker, aduq, sakong dan capsa :)
    ayo segera bergabung bersama kami dan menangkan uang setiap harinya :)
    AJOQQ juga menyediakan bonus rollingan sebanyak 0.3% dan bonus referal sebanyak 20% :)

    BalasHapus
  6. ajoqq^^com
    mau dapat penghasil4n dengan cara lebih mudah....
    mari segera bergabung dengan kami.....
    di ajoqq^^com...
    segera di add black.berry pin 58CD292C.

    BalasHapus
  7. agen poker terbesar dan terpercaya IONQQ. pin BB : 58ab14f5
    silahkan daftar dan dapatkan keuntungan yang besar dengan bermain di IONQQ.GAMES

    BalasHapus
  8. Artikel Konten yang bagus..

    Kunjungi juga blog kami yang membahas seputar ayam jago Pemainayam.vip

    BalasHapus